Apa kata Safir Senduk tentang Asuransi :

Apa kata Safir Senduk tentang Asuransi :

Selasa, 06 Januari 2015

Trik mengatur keuangan

Ada trik menarik dari pakar keuangan Anantoli Karvof dalam bukunya Kaya dengan CEPIL.
Berikut rumusan untuk alokasi penghasilan kita tiap bulan agar seimbang:
10% C : Charity (zakat, sedekah, etc)
20% EP : Education & Protection (investasi pengembangan diri berupa buku, keterampilan, kursus ; dan asuransi)
30 % I : investment (dana darurat, reksadana, emas, property, saham)
40% L : Life Cost (sandang, pangan, papan)

Dari penjelasan diatas, hal yang penting tetapi terkadang disepelekan adalah Dana Darurat dan Asuransi.

Dana darurat adalah dana yang harus anda miliki untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan yang bersifat sementara seperti PHK, sakit, dll. Besarnya tergantung kebutuhan, bisa 3-12 x pengeluaran anda tiap bulan. Dana ini anda dapat tempatkan pada instrumen dengan likuiditas yang tinggi seperti tabungan dibank. Sebaiknya dana darurat tidak lebih dari 12x pengeluaran tiap bulan, kelebihannya sebaiknya anda tempatkan pada instrumen investasi lain yang dapat memberikan return yang lebih baik seperti reksadana, emas, saham atau property.

Asuransi. Alokasi keuangan untuk asuransi tidak kalah penting, asuransi memberikan proteksi bagi keluarga anda jika tidak lagi dapat mendampingi mereka. Jika anda pergi sehari anda memberikan uang saku untuk 1 hari. Lalu bagaimana jika anda pergi selamanya? Berapa yang akan anda berikan? Sudah cek belum berapa yang kantor anda berikan jika anda tiada nanti? Biasanya sangat kecil. 
Besaran nilai Uang Pertanggungan secara umum bisa dihitung dari biaya hidup perbulan dikalikan dengan 10 tahun atau 20 tahun (jika usia anak yang ditinggalkan masih kecil), fungsinya adalah agar istri dan putra putri anda dapat bertahan hidup "dengan tidak menurunkan kualitas kehidupannya" jika dibandingkan dengan saat Anda masih ada. 

Lalu apa jenis Asuransi yang disarankan Financial Planner terkenal seperti Aidil Akbar, Ligwina Hananto dan Safir Senduk? Ya, Asuransi Jiwa Murni / Asuransi Term Life / Asuransi berjangka. Asuransi ini mempunyai prinsip memisahkan proteksi dan investasi.

Jika saat ini anda sudah mempunyai asuransi, coba cermati lagi apakah Uang Pertanggungannya sudah sesuai dengan perhitungan diatas. Asuransi Jiwa Murni memberikan nilai pertanggungan yang optimal dengan premi yang sangat murah. Sisa uang yang anda miliki dapat anda investasikan di reksadana agar mendapatkan return yang lebih baik.

Berikut produk asuransi yang saya rekomendasikan untuk usia 30 tahun dengan UP 1.4 M cukup hanya membayar 400 ribu/bulan. Murah bukan? Makin muda usia masuk asuransi maka UP makin besar dengan premi yang sama.
Keunggulan lainnya adalah Guarantee Renewable term sampai usia 70 tahun, yaitu klausul bahwa polis anda dapat otomatis diperpanjang tanpa perlu medical check up lagi sampai dengan usia 70 tahun. Hal ini sangat penting dalam membeli asuransi, karena jika ditengah jalan diusia tua diperlukan medical check up maka kemungkinan polis anda ditolak untuk perpanjangannya lebih besar.

Nah mulai sekarang Anda pasti setuju bahwa Asuransi jiwa sangat penting? Anda pasti setuju premi 400 ribu perbulan adalah hal yang ringan, sebulan hanya cukup dengan tidak membeli 8 gelas kopi di cafe; atau 20 bungkus rokok; atau tidak main ke mall 2x saja; biaya ngegym diubah jadi jogging keliling komplek bersama keluarga; biaya makan siang diluar yang digantikan dengan bekal dari rumah selama seminggu. 

Banyak cara untuk berhemat untuk ditukar dengan hal yang bermanfaat. Jika kehilangan anda saja sudah merupakan kesedihan bagi orang yang anda sayangi, jangan sampai penderitaan mereka ditambahkan beban yang tidak penting seperti kekurangan uang untuk bertahan hidup.

Deklarasi Resolusi keuangan:

"Saya yang bernama ___________ saat ini telah memiliki istri bernama _____________ dan putra atau putri bernama ___________, saya telah menyiapkan Asuransi Jiwa dengan Uang Pertanggungan sebesar Rp. _________ yang saya yakin nilai tersebut akan dapat bertahan selama _______ tahun jika disamakan dengan biaya hidup perbulan saat ini Rp. _______. Saya sangat yakin jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada saya tiba-tiba, istri saya masih dapat memberikan kebutuhan hidup dan pendidikan yang layak bagi putra putri saya sampai mereka mandiri, sehingga saya tidak perlu khawatir lagi."

Asuransi yang saya rekomendasikan iniini adalahsa satu Asuransi Jiwa Murni yang terbaik. Tidak semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi jiwa murni. Pilih agen yang mengerti produk dan dapat memberikan solusi yang objektif bagi anda. 

Anda dapat menghubungi saya atau Konsultasi gratis mengenai Asuransi Jiwa Murni atau bedah polis yang telah anda miliki untuk menentukan apakah anda under insured atau over insured untuk menilai apakah premi yang anda bayar telah optimal dengan manfaat yang diberikan. 

Salam Sukses untuk anda.

Regards, 
Nina M
FinancialPlanner
HP/Whatsapp : 08111 3353 48